Jumat, 23 Januari 2009

SEPUTAR UBUNTU




Sejak kali pertama dirilis, Ubuntu telah mencari perhatian dunia distribusi Linux. Sampai kini, Ubuntu masih terpopular di situs http://distrowatch.com

Di dunia distribusi Linux, tidak banyak distro yang mampu memcuri perhatian ketika kali pertama dirilis dan mampu bertahan selama bertahun-tahun, dan Ubuntu jelas melakukannya dengan sangat baik.

Situs http://distrowatch.com, yang menjadi referensi dunia distribusi Linux, mencatat selama bertahun-tahun, Ubuntu adalah distribusi Linux terpopular, dilihat dari jumlah hit perhari. Ini berarti, Ubuntu mampu menggeser popularitas openSUSE, Fedora, Mandriva, ataupun Debian. Keempatnya bukanlah pemain baru. OpenSUSE dan Fedora di-back-up oleh perusahaan besar. Mandriva dari jaman dahulu sudah terkenal akan kemudahan penggunaannya. Sementara, Debian adalah orang tua dari Ubuntu. Apa yang menjadikan Ubuntu begitu fenomenal?

Sebelum kita melanjutkan, mari kita sepakati terlebih dahulu bahwa kita tidak sedang membandingkan distribusi. Termasuk istilah terpopular, harap jangan disamakan dengan terbaik atau paling cocok untuk siapapun. Anda bebas memilih distribusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Kami percaya, Ubuntu begitu fenomenal bukan hanya karena faktor teknikal. Namun, ada visi yang kuat, peran komunitas, semakin kuatnya daya tarik free software, dukungan komersial dari berbagai kalangan, dana yang besar, marketing yang meluas, waktu yang tepat dan lain sebagainya.

Sejak lahir, Ubuntu menjadi inspirasi bagi berbagai developer distro, yang berujung pada lahirnya puluhan distribusi yang berbasiskan Ubuntu.

SEPUTAR UBUNTU LINUX

Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa di Afrika Selatan, yang secara singkat dapat diartikan sebagai “kemanusiaan untuk semua”. Konsep mulia ini diterapkan pada distribusi Linux yang pengembangannya disponsori oleh Canonical Ltd (http://canonical.com), yang didirikan oleh Mark Shuttleworth, seorang enterpreneur berkebangsaan Afrika Selatan dan Inggris. Mark sendiri adalah mantan developer Debian.

Distrbusi Linux Ubuntu, yang dikembangkan berbasiskan pada Debian unstable, kali pertama dirilis pada 20 Oktober 2004, sebagai versi 4.10. Semenjak itu, Ubuntu dirilis secara teratur setiap lebih kurang 6 bulan.

Target yang ingin di capai oleh Ubuntu adalah pengguna yang mementingkan kemudahan penggunaan dan instalasi, serta ingin mendapatkan software dan teknologi terbaru. Kemudahan penggunaan tersebut tersedia untuk versi desktop ataupun versi server. Selain mudah, Ubuntu juga sangat mementingkan aspek kesederhanaan dengan hanya menggunakan media berupa satu CDROM untuk instalasi standar.

Mengingat perkembangan Linux yang sangat pesat, hadirnya teknologi terbaru memang sangat menarik. Walau terkadang memasukkan teknologi terbaru dan mengaktifkannya secara default mengharuskan user untuk memiliki spesifikasi komputer yang relatif tinggi

Pendekatan dengan menggunakan media berupa satu CDROM juga sangat menarik, mengingat sebagian besar user hanya perlu menggunakan berbagai aplikasi untuk bekerja dengan paket Office, berselancar di Internet, bekerja dengan e-mail, menikmati multimedia dan beberapa tugas lainnya (yang telah tersedia di instalasi standar). Media satu CDROM ini cukup kontras apabila dibandingkan dengan berbagai distribusi lain yang datang secara default dengan beberapa CDROM, satu DVDROM atau bahkan beberapa DVDROM.

Memang, satu CDROM belum bisa menjawab semua masalah, terutama ketika user ingin menggunakan aplikasi lain atau ingin melakukan kompilasi program yang membutuhkan banyak pustaka dan program pendukung. Sebagai solusi, pengguna yang memiliki konektivitas Internet bisa menginstall dari berbagai mirror yang tersedia di seluruh dunia (termasuk Indonesia) dan pengguna yang tidak memiliki konektivitas Internet bisa membeli koleksi paket dalam media DVD (tersedia di berbagai toko di luar negri ataupun Indonesia).

Bagi pengguna yang masih ragu mencoba menginstal Linux, CDROM instalasi Ubuntu juga datang dengan fungsionalitas Live Linux, sehingga bisa langsung di-boot dan digunakan, tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalah harddisk. Setelah pengguna memutuskan untuk mencoba melakukan instalasi, pengguna tersebut bisa menggunakan installer grafikal yang mudah digunkan.

Bagi veteran Ubuntu tidak lagi membutuhkan fungsionalitas Live Linux, dapat men-download CDROM desktop alternatif, yang datang dengan installer berbesis teks.

KEBUTUHAN HARDWARE

Untuk dapat menjalankan Ubuntu desktop dengan baik, pengguna disarankan untuk menyiapkan hardware dengan spesifikasi minimum:

* CPU: 700MHz (1.2 GHz dibutuhkan untuk efek desktop)
* RAM: 384 MB
* Harddisk: 8 GB
* Video Card: mendukung resolusi 1024 X 768
* CDROM drive atau kartu jaringan (apabila tidak memiliki CDROM drive, bisa melakukan instalasi dengan metoda network install)

Komputer dengan spesifikasi lebih rendah bisa digunakan, namun mungkin tidak dapat berjalan dengan baik. Instalasi pun di sarankan untuk menggunakan desktop CD alternatif, yang datang dengan instalasi berbasis teks.

Sebagai alternatif, apabila anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah dan ingin tetap mencoba Ubuntu (varian yang lebih ringan), anda bisa pula mencoba berbagai distribusi turunan Ubuntu yang lain.

FITUR UBUNTU DESKTOP

Berikut adalah beberapa fitur Ubuntu Desktop:

* Desktop GNOME
* Paket Office OpenOffice.org
* Evolution untuk email dan kalender
* Organisasi ide dan catatan dengan Tomboy
* Web browser Mozilla Firefox
* F-spot untuk bekerja dengan foto
* Rhytmbox untuk menikmati musik dan video
* Dan lain sebagainya

Apabila membutuhkan paket lain, kita bisa menginstalasinya dari repository Ubuntu.

UPDATES

Pengguna akan mendapatkan dukungan (security update) selama 18 bulan untuk rilis standard. Untuk rilis LTS (Long Term Support), dukungan akan diberikan selama tiga tahun untuk desktop dan lima tahun untuk server. Tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk versi LTS.

MENDAPATKAN UBUNTU

Untuk mendapatkan Ubuntu, kita bisa menggunakan beberapa cara, seperti berikut:

* Men-download image ISO dari berbagai mirror Ubuntu di seluruh dunia (contoh: http://kambing.ui.edu untuk mirror di Indonesia)
* Membeli CD Ubuntu di berbagai toko CD Linux
* Meminta CD Ubuntu secara gratis lewat program ShipIt. Dengan dukungan besar di balik pengembangan Ubuntu, kita dapat meminta CD gratis yang akan dikirim ke alamat kita, walau akan memakan waktu lebih kurang 4 sampai 11 minggu. Kunjungilah https://shipit.ubuntu.com untuk informasi selengkapnya. Program ini juga berlaku untuk Kubuntu (https://shipit.kubuntu.org) dan Edubuntu (https://shipit.edubuntu.org)

MENDAPATKAN DUKUNGAN

Untuk mendapatkan dukungan dari komunitas, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut:

* Membaca dokumentasi Ubuntu di https://help.ubuntu.com
* IRC di channel #ubuntu, server irc.freenode.net
* Forum web di http://ubuntuforums.org atau http://ubuntulinux.or.id/forum (Indonesia)
* Mailing list, daftar list bisa didapatkan di https://lists.ubuntu.com
* Tehnical answer di Lauchpad: https://answers.launchpad.net
* Berbagai tim LoCo yang terdaftar di https://wiki.ubuntu.com/locoteamlist
* Rekan-rekan pengguna Ubuntu di sekitar anda

Untuk dukungan berbayar, kunjungilah situs http://www.ubuntu.com/support/paid

DUKUNGAN VENDOR

Ubuntu juga tersedia secara pre-installed oleh berbagai vendor komputer seperti:

* Dell: Dell menambahkan pula software InterVideo LinDVD, software untuk memutar DVD
* System76: http://system76.com

RILIS-RILIS UBUNTU

Setiap rilis Ubuntu akan memiliki versi dan code name. Versi Ubuntu memiliki format Y.MM, di mana Y adalah tahun (setelah tahun 2000) dan MM adalh bulan dituliskan dalam dua digit. Sebagai contoh, versi Ubuntu terbaru (pada saat tulisan ini dibuat) adalah 8.04, yang dirilis pada bulan 04 (April) tahun 2008. Untuk versi yang akan datang, apabila waktu rilis tertunda dan tidak sesuai dengan nnomor seri yang direncanakan, maka versi akan disesuaikan dengan waktu rilis sebenarnya.

Sementara, code name setiap rilis diberikan dalam format “Adjectif Animal” (kata sifat diikuti oleh nama binatang), dengan huruf pertama adjective dan animal adalah sama. Sebagai contoh versi 8.04 memiliki code name Hardy Heron:

* Heron adalah nama binatang keluarga burung (http://en.wikipedia.org/wiki/Heron)
* Hardy sebagai kata sifat bisa diartikan sebagai kuat, tahan dan tabah

Pola code name seharusnya mengikuti urutan alfabetik, sebagai contoh, D seharusnya rilis lebih dahulu dibandingkan dengan E. Pola ini diterapkan kecuali pada dua versi pertama.

Berikut adalah rilis-rilis

* Ubuntu 4.10 Warty Warthog
merupakan versi pertama, yang dirilis pada 20 Oktober 2004

* Ubuntu 5.04 Hoary Hedgehog
Dirilis pada 8 April 2005

* Ubuntu 5.10 Breezy Badger
Dirilis pada 13 Oktober 2005

* Ubuntu 6.06 LTS Dapper Drake
Dirilis pada 1 Juni 2006. Merupakan rilis Long Term Support. Dengan demikian, dukungan untuk desktop akan berakhir pada Juni 2009. dan untuk server, akan berakhir pada Juni 2011

* Ubuntu 6.10 Edgy Eft
Dirilis pada 26 Oktober 2006

* Ubuntu 7.04 Feisty Fawn
Dirilis pada 19 April 2007

* Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon
Dirilis pada 18 Oktober 2007

* Ubuntu 8.04 LTS Hardy Heron
Dirilis pada 24 April 2008

* Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex
Direncanakan dirilis pada 30 Oktober 2008

https://help.ubuntu.com/community/CommonQuestions

Selain rilis yang disebutkan di sebelumnya, terdapat pula Grumpy Groundhog, yang bukan merupakan rilis, namun merujuk pada koleksi CVS build terbaru

Bagi pencinta Linux yang senang mencoba berbagai hal baru, tentu saja anda bisa men-download dan menginstall rilis terbaru Ubuntu. Namun, bagi pengguna perusahaan atau yang malas menginstall rilis tebaru dan lebih memprioritaskan dukungan/update, anda selalu bisa mempergunakan rillis dengan LTS (Long Term Support), yang diperkirakan akan rilis setiap dua tahun. Dengan demikian, anda tidak perlu takut “kehabisan dukungan”

Disadur dari majalah Infolinux Juni 2008 oleh: Nopriatno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar